Sabtu, 08 Maret 2014

Pengertian Definisi dan Jenis Vitamin serta Fungsinya Bagi Tubuh (Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E dan K)

Pengertian Definisi dan Jenis Vitamin serta Fungsinya Bagi Tubuh (Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E dan K)
A. Definisi Pengertian Vitamin

   Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Vitamin berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Setiap vitamin memiliki peranan dan fungsinya masing-masing. Tanpa vitamin, manusia tidak akan dapat melakukan aktifitasnya. Namun perlu diperhatikan agar tidak mengkonsumsi vitamin lebih atau kurang dari yang dibutuhkan tubuh. Jika kelebihan, maka akan mengakibatkan perubahan pada bagian-bagian tubuh, tergantung dari vitamin yang dikonsumsi tersebut.

B. Vitamin berdasarkan Kelarutannya dalam Air

Vitamin berdasarkan kelarutannya di dalam air dibedakan menjadi:

Vitamin yang larut di dalam air : Vitamin B dan Vitamin C
Vitamin yang tidak larut di dalam air : Vitamin A, D, E, dan K atau disingkat Vitamin ADEK.

C. Jenis-Jenis Vitamin dan Fungsinya bagi Tubu
h


1. Vitamin A
Vitamin A berfungsi untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin A misalnya rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, dan lain-lain.

2. Vitamin B1


Vitamin B berfunsi untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B1 misalnya kulit kering, kulit bersisik, dan daya tahan tubuh berkurang.

3. Vitamin B2

Vitamin B2 berfungsi untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B2 misalnya turunnya daya tahan tubuh, kulit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, sariawan, dan sebagainya.

4. Vitamin B3


Vitamin B3 berfungsi untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B3 misalnya terganggunya sistem pencernaan, otot mudah keram dan kejang, insomnia atau sulit tidur, bedan lemas, mudah muntah, mual-mual, dan lain-lain

5. Vitamin B5
Vitamin B5 berfungsi untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B5 misalnya otot mudah menjadi kram, sulit tidur, kulit pecah-pecah dan bersisik, dan lain-lain

6. Vitamin B6

Vitamin B6 berfungsi untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B6, misalnya pelagra alias kulit pecah-pecah, keram pada otot, insomnia atau sulit tidur, dan banyak lagi lainnya.

7. Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B12, misalnya kurang darah atau anemia, gampang capek (letih, lelah, loyo, lemas), penyakit pada kulit, dan sebagainya.

8. Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin C, misalnya mudah infeksi pada luka, gusi berdarah, rasa nyeri pada persendian, dan lain-lain

9. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D, misalnya gigi mudah rusak, otot bisa mengalami kejang-kejang, pertumbuhan tulang tidak normal yang biasanya betis kaki akan membentuk huruf O atau X.

10. Vitamin E

 

Vitamin E berfungsi untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin E. misalnya kemandulan baik pria maupun wanita, gangguan syaraf dan otot, dan lain-lain.

11. Vitamin K


Vitamin K mencegah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin K, misalnya darah sulit membeku bila terluka/berdarah, pendarahan akbiat luka luar, pendarahan di dalam tubuh, dan sebagainya.

https://rahma20.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar