Sabtu, 08 Maret 2014

Peran Penting Asam Amino Dalam Pembentukan Massa Otot

Peran Penting Asam Amino Dalam Pembentukan Massa Otot 

- Seperti artikel kami sebelumnya, bahwa Asam Amino atau Amino Acid adalah komponen utama penyusun protein yang dibagi dalam dua kelompok yaitu asam amino esensial dan non-esensial. Dari sekian banyak jenis asam amino yang ada, asam amino non-esensial glutamin merupakan yang paling banyak diproduksi di dalam tubuh.

Untuk menjaga kadar asam amino glutamine dalam tubuh mutlak diperlukan untuk menjaga proses perkembangan otot lebih optimal. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplementasi protein atau asam amino.



Adapun peran penting asam amino dalam pembentukan massa otot antara lain untuk Meningkatkan Massa Otot, Meningkatkan Hormon Pertumbuhan, Mengurangi Asam Laktat dan Mencegah Penyusutan Otot. Selengkapnya diluasan berikut ini:

Meningkatkan Massa Otot

Otot terbentuk dari protein yang terdiri atas berbagai macam asam amino baik esensial maupun non-esensial. Dengan memenuhi kebutuhan protein harian, berarti Anda telah memenuhi kebutuhan bahan baku utama pembentukan otot. Semakin banyak otot terbentuk, semakin sedikit ruang berlemak dalam tubuh Anda.


Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa hormon pertumbuhan meningkat sebesar 440 persen setelah menggunakan suplementasi glutamine. Hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak menjadi energi. 

Sedangkan Studi yang dilakukan di Louisiana State University Medical College memberikan 2 gram suplementasi glutamine kepada 9 atlet sehat pada pagi hari, 45 menit setelah sarapan. Hasilnya, hormon pertumbuhan mereka meningkat hingga 440 persen, 90 menit setelah mengonsumsi suplemen glutamine.
   
Mengurangi Asam Laktat
    
Saat berlatih, tubuh membakar glukosa dan glikogen sebagai sumber energi. Proses ini menghasilkan asam laktat yang dapat membuat otot bersifat asam, dan membuat otot menjadi lelah dan tidak bertenaga. Glutamine memainkan peran penting dalam menyeimbangkan kadar asam laktat tubuh dengan cara menghasilkan ion bikarbonat yang dapat menetralisir asam laktat, sehingga Anda dapat berlatih lebih lama dan mendapatkan hasil maksimal.
    
Mencegah Penyusutan Otot
    
Asam amino kedua yang paling banyak terdapat dalam otot adalah BCAA. BCAA (Branched Chain Amino Acids) merupakan asam amino esensial, yang artinya tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri dan harus mendapatkan asupan dari luar.BCAA merupakan gabungan dari 3 asam amino esensial yaitu leusin, isoleusin, dan valine. Asam amino ini bertugas menjaga kadar protein otot tidak hilang atau rusak saat latihan. 

Keberadaan BCAA ini sangat penting dalam mencegah katabolisme otot (penyusutan otot). BCAA bekerja dengan cara mencegah kerusakan otot pada masa pemulihan setelah latihan. Biasanya setelah melakukan latihan beban, sintesis protein otot akan meningkat tetapi pemecahan protein otot akan meningkat pula ke titik di mana kerusakan melebihi sintesis jika Anda tidak mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan.Selain mengurangi kerusakan otot, BCAA (terutama leucine) juga membantu meningkatkan perkembangan protein otot terutama setelah latihan beban. Dengan meminimalisir kerusakan otot, tubuh akan pulih lebih cepat dan Anda bisa kembali melakukan rutinitas latihan Anda di kemudian hari.

Nah, itulah beberapa Peran Penting Asam Amino Dalam Pembentukan Massa Otot,semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba ...


https://rahma20.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar